Social Icons

Sabtu, 22 Februari 2014

Cara merawat OS windows supaya tetap stabil dan lancar

Saya, dan teman-teman saya pernah merasakan yang namanya komputer lemot, ngehang, lelet dan istilah lainnya. Mungkin kamu juga pernah merasakan hal seperti ini, sebenarnya ada dua buah faktor untuk hal seperti ini, faktor pertama yaitu mungkin karena kerusakan dari hardware atau komponen PC / Laptop itu sendiri, faktor yang kedua yaitu karena OS (Sistem operasi) nya khususnya windows.

OS windows memang mempunyai banyak kelebihan, karena kemudahan, fitur-fitur dan tampilannya yang cukup menarik, tapi dibalik banyaknya kelebihan itu OS winows masih kalah stabil di banding linux, oleh karena itu OS windows harus memiliki perawatan khusus / special untuk menjaga kestabilan dan kinerjanya supaya tetap oke.

Bagi orang IT mungkin ini hanyalah hal yang mudah, tapi bagaimana bagi kita yang masih kurang pengetahuan tentang OS? tidak usah khawatir, karena disini kita akan punya asisten pribadi yang akan membantu kita untuk merawat komputer kesayangan kita agar tetap oke. Ini adalah sebuah software gratis bernama Advance System Care. Software ini sangat luar biasa menurut saya, karena fiturnya sangat komplit dan juga mudah digunakan. kita hanya perlu beberpa kali klik saja dan tinggal tunggu saja hingga OS kita kembali sehat.

Mari kita lihat cara menggunakannya.
versi yang terinstal pada PC saya adalah versi 7.1 penggunaan untuk versi di atasnya mungkin tidak jauh berbeda.

Pertama anda instal dulu softwarenya.
Setelah selesai di instal lalu jalankan.
Maka anda akan melihat tampilan seperti ini
Pilih menu Care, lalu centang bagian pilihan yang mana saja yang ingin anda perbaiki, Anda bisa mencentang semua pilihan atau beberapa saja, jika anda mencentang semuanya mungkin akan memerlukan banyak waktu. Saya biasanya mencentang pada settingan seperti gambar di atas. Setelah memilih bagian mana saja yang ingin anda perbaiki kita tinggal klik tombol Scan dan tunggu sampai proses selesai. Setelah proses selesai lalu Restrart lah PC kita dan rasakanlah perbedaannya.

Ada satu pengaturan lagi yang cukup penting, jika saat pertama kali komputer anda dinyalakan, dan saat itu komputer kita menjadi lemot karena banyak aplikasi-aplikasi yang muncul / berjalan secara otomatis

Pilihlah menu Toolbox dan klik pada pilihan Startup Manager.
Maka akan tampil jendela baru. Nah.. silahkan anda cari daftar aplikasi yang menurut anda tidak perlu di jalankan secara otomatis saat komputer anda di nyalakan dan pilih Disable.

Dengan melakukan pengaturan seperti di atas, maka kinerja processor kita tidak terlalu berat saat komputer kita pertama kali di nyalakan sehingga PC tidak menjadi lemot / ngehang.

Sebenarnya masih banyak lagi fitur-fitur dalam software ini yang tidak saya jelaskan disini. Silahkan anda bereksplorasi sendiri ya ....!!!

Silahkan anda download sotfware Advance System Care di situs resminya :
http://www.iobit.com/advancedsystemcareper.html

Sekian dulu informasi dari saya, jika ada yang lebih tahu dari saya, silahkan dikoreksi tulisan saya dan berikan komentar di bawah. Semoga informasi yang saya berikan ini bisa bermanfaat buat anda, dan jangan lupa share informasi ini lebat facebook atau twitter untuk membantu blog ini agar tetap eksis.

2 komentar:

Silahkan berkomentar dengan baik dan sopan. Komentar yang berisi hujatan, tidak berhubungan dengan artikel dan spam akan Saya hapus.

Terimakasih.